Soal Matematika Kelas 5 SD Bab 6 Pecahan Dan Kunci Jawaban
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. 2⁄5 Jika dijadikan persen menjadi ….
a. 40 %
b. 20 %
c. 30 %
d. 50 %
2. 25 % jika diubah ke bentuk pecahan biasa menjadi ….
a. 2⁄5
b. 1⁄5
c. 1⁄2
d. 1⁄4
3. Pecahan biasa di bawah ini yang tidak senilai dengan 10 % adalah ….
a. 2⁄20
b. 1⁄10
c. 10⁄100
d. 10⁄20
4. Di bawah ini yang tidak senilai dengan adalah ….
a. 32 %
b. 0,32
c. 32⁄1000
d. 16⁄50
5. 4⁄5 …… 7⁄10 Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
a. <
b. =
c. >
d. +
6. 0,150 % ….. 20 %. Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
a. <
b. =
c. >
d. +
7. 3⁄4 jika dijadikan pecahan desimal menjadi ….
a. 0,30
b. 0,75
c. 0,40
d. 0,25
8. Pecahan biasa dari 0,30 adalah ….
a. 30⁄100
b. 3⁄100
c. 3⁄4
d. 0⁄30
9. 25 % dari 120 adalah ….
a. 20
b. 30
c. 40
d. 50
10. Pecahan biasa dari 0,02 adalah ….
a. 2⁄4
b. 2⁄10
c. 1⁄50
d. 2⁄1000
11. 2⁄10 + 4⁄10 + 3⁄10 = ….
Hasil dari operasi penjumlahan pecahan di atas adalah ….
a. 9⁄30
b. 9⁄10
c. 12⁄30
d. 3⁄10
12. 1⁄2 + 3⁄8 = ….
Hasil dari operasi penjumlahan pecahan di atas adalah ….
a. 4⁄10
b. 4⁄8
c. 3⁄8
d. 7⁄8
13. Andi mempunyai tali sepanjang 1⁄4 meter dan Ali mempunyai tali sepanjang 1⁄3 meter. Maka jumlah tali Andi dan Ali jika ditambahkan menjadi ….
a. 7⁄12
b. 2⁄12
c. 2⁄7
d. 7⁄7
14. 9⁄15 – 3⁄15 – 4⁄15 = ….
Hasil dari operasi pengurangan pecahan di atas adalah ….
a. 2⁄15
b. 2⁄45
c. 16⁄15
d. 16⁄45
15. 3⁄4 – 2⁄5 = ….
Hasil dari operasi penjumlahan pecahan di atas adalah ….
a. 1⁄1
b. 35⁄10
c. 35⁄1000
d. 7⁄20
16. Diska mempunyai pita sepanjang 1⁄2 meter, kemudian ia menggunakan pitanya sepanjang 3⁄10 meter. Sekarang sisa pita Diska menjadi ….
a. 3⁄10
b. 2⁄8
c. 2⁄10
b. 7⁄10
17. 7⁄8 x 3⁄4 = ….
Hasil dari operasi perkalian pecahan di atas adalah ….
a. 21⁄32
b. 28⁄32
c. 32⁄21
d. 32⁄28
18. 3⁄10 : 1⁄3= ….
Hasil dari operasi pembagian pecahan di atas adalah ….
a. 3⁄10
b. 9⁄10
c. 3⁄10
d. 9⁄10
19. Pak Panji membeli buah jeruk seberat 1 Kg. Buah tersebut diberikan kepada anak-naknya. 10 % buahnya diberikan kepada Santi, 0,5 diberikan kepada Budi dan 3⁄10 kg diberikan kepada Sinta. Dan Sisanya diberikan kepada Rani. Jadi siapakah yang mendapat buah jeruk paling banyak?
a. Santi
b. Budi
c. Sinta
d. Rani
20. Perbandingan siswa laki dan perempuan dalam kelas adalah 5 : 7. Jika siswa laki-laki dalam kelas adalah 15 siswa, maka siswa perempuan berjumlah ….
a. 21 siswa
b. 20 siswa
c. 28 siswa
d. 18 siswa
21. Jumlah siswa laki-laki dalam kelas adalah 12 siswa. Sedangkan jumlah siswa perempuan adalah 21 siswa. Maka [erbandingan antara jumlah siswa laki-laki dan perempuan adala ….
a. 1 : 3
b. 1 : 2
c. 4 : 7
d. 7 : 4
22. Sinta memiliki 7 buah pensil dan Rini mempunyai 21 pensil. Perbandingan jumlah pensil yang dimiliki Sinta dan Rini adalah ….
a. 7 : 2
b. 1 : 2
c. 1 : 3
d. 1 : 4
23. Jarak desaa A dan desa B adalah 1.500 meter. Pada peta jarak desa A dan B adalah 3 cm. Jadi skala peta tersebut adalah ….
a. 1 : 3
b. 1 : 15.000
c. 1 : 1.000
d. 1 : 50.000
24. Jarak antara kota X dan Z pada peta adalah 8 cm. Jika skala yang dimiliki peta tersebut adalah 1 : 200.000, maka jarak sebenarnya antara kota X dan Z adalah ….
a. 1.600.000 m
b. 16 km
c. 160 km
d. 1.600 cm
25. Jika jarak rumah Nabila dan rumah Siska adalah 800 meter. Di dalam peta yang mempunyai skala 1 : 40.000. Maka jarak rumah Nabila dan rumah Siska adalah ….
a. 2 cm
b. 4 cm
c. 6 cm
d. 8 cm
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. 2⁄8 Jika dijadikan persen menjadi ….
2. Bentuk desimal dari 6⁄48 adalah ….
3. 15⁄25 …… 3⁄4 Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
4. 5⁄8 jika dijadikan pecahan desimal menjadi ….
5. 2⁄3 + 1⁄5 = ….
Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ….
6. 7⁄8 – 1⁄6 = ….
Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ….
7. 1⁄5 x 2⁄3 = ….
Hasil dari perkalian pecahan di atas adalah …..
8. Alia membeli 12 jeruk dan Sintia membeli 30 jeruk. Perbandingan jumlah jeruk yang dibeli Alia dan Sintia adalah …..
9. Perbandingan siswa kelas 3 dan 4 SD Sukamakmur adalah 3 : 5. Jika jumlah siswakelas 3 SD Sukamakmur adalah 27 siswa. Maka jumlah siswa kelas 4 SD Sukamakmur adalah ….
10. Jarak antara kota P dan Q dalam peta adalah 10 cm. Jika skala peta tersebut adalah 1 : 50.000, maka jarak sebenarnya antara kota P dan Q adalah ….
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Ubahlah pecahan-pecahan di bawah ini menjadi bentuk persen!
a. 1⁄5
b. 24⁄25
c. 3⁄8
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Bu Karina membeli 2 1⁄5 kg tepung, Bu Rini Membeli 3 1⁄2 Kg dan Bu Rahma 4 1⁄4 Kg. Hitunglah jumlah semua tepung yang dibeli oleh Bu Karina, Bu Rini dan Bu Rahma!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Berilah tanda yang tepat dari perbandingan bilangan di bawah ini!
a. 0,5 …… 75 %
b. 0,200 ….. 1⁄5
c. 37,5 % ….. 5⁄8
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Kelas 5 SD Tambakromo mempunyai siswa sebanyak 45 siswa. Perbandingan siswa yang suka membaca, melukis dan menari adalah 1 : 5 : 3. Maka hitunglah :
a. Jumlah siswa yang suka membaca
b. Jumlah siswa yang suka melukis
c. Jumlah siswa yang suka menari
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Pak Rahmat mempunyai sawah berbentuk persegi panjang. Panjang sawah Pak Rahmat dalam peta adalah 16 cm dan lebarnya adalah 10 cm. Jika skala peta tersebut adalah 1 : 2.000. Maka hitunglah :
a. Panjang sawah sebenarnya
b. Lebar sawah sebenarnya
c. Luas sawah sebenarnya
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA
KELAS 5 SD BAB PECAHAN
A. JAWABAN
1. a. 40 %
2. d. 1⁄4
3. d. 10⁄20
4. c. 32⁄1000
5. c. >
6. a. <
7. b. 0,75
8. a. 30⁄100
9. b. 30
10. c. 1⁄50
11. b. 9⁄10
12. d. 7⁄8
13. a. 7⁄12
14. a. 2⁄15
15. d. 7⁄20
16. c. 2⁄10
17. a. 21⁄32
18. d. 9⁄10
19. b. Budi
20. a. 21 siswa
21. c. 4 : 7
22. c. 1 : 3
23. d. 1 : 50.000
24. b. 16 km
25. a. 2 cm
B. JAWABAN
1. 2⁄8 x 100 % = 25 %
2. 0,125
3. <
4. 0,625
5. 2⁄3 + 1⁄5 = 10⁄15 + 1⁄5 = 13⁄15
6. 7⁄8 – 1⁄6 = 21⁄24 – 4⁄24 = 17⁄24
7. 1⁄5 x 2⁄3 = 2⁄15
8. 12 : 30 = 2 : 5
9. Perbandingan = 3 : 5
Siswa kelas 4 SD Sukamakmur = 5 x 27 siswa : 3 = 135 siswa : 3 = 45 siswa
10. Jarak Sebenarnya = Jarak pada peta / skala peta = 10 cm / 1 : 50.000 = 10 cm x 50.000 : 1 = 500.000 cm : 1 = 500.000 cm = 5 km
C. JAWABAN
1. Mengubah pecahan-pecahan menjadi bentuk persen
a. 1⁄5 = 1⁄5 x 100 % = 20 %
b. 24⁄25 = 24⁄25 x 100 % = 96 %
c. 3⁄8 = 3⁄8 x 100 % = 37,5 %
2. Diketahui :
Tepung yang dibeli Bu Karina = 2 1⁄5 kg
Tepung yang dibeli Bu Rini = 3 1⁄2 Kg
Tedpung yang dibeli Bu Rahma = 4 1⁄4 Kg.
– Jumlah semuanya :
= 2 1⁄5 kg + 3 1⁄2 Kg + 4 1⁄4 Kg
= 11⁄5 Kg + 7⁄2 Kg + 17⁄4 Kg
= 44⁄20 Kg + 70⁄20 Kg + 15⁄20 Kg
= 199⁄20 Kg
= 9 19⁄20 Kg
3. Memberil tanda yang tepat dari perbandingan bilangan
a. 0,5 ….. 75 %
0,5 = 0,50
75 % = 0,75
Jadi tandanya adalah 0,50 < 0,75
b. 0,200 ….. 1⁄5
0,200 = 0,200
1⁄5 = 0,200
Jadi tandanya adalah 0,200 = 0,200
c. 37,5 % ….. 5⁄8
37,5 % = 0,375
5⁄8 = 0,625
Jadi tandanya adalah 0,375 < 0,625
4. Diketahui :
Jumlah siswa kelas 5 SD Tambakromo = 45 siswa.
Perbandingan siswa yang suka membaca, melukis dan menari = 1 : 5 : 3.
a. Jumlah siswa yang suka membaca = 1 x 45 siswa : 9 = 45 siswa : 9 = 5 siswa
b. Jumlah siswa yang suka melukis = 5 x 45 siswa : 8 = 225 siswa : 9 = 25 siswa
c. Jumlah siswa yang suka menari = 3 x 45 siswa : 8 = 135 siswa : 9 = 20 siswa
5. Diketahui :
Bentuk sawah Pak Rahmat = persegi panjang.
Panjang sawah pada peta = 16 cm
Lebarnya sawah pada peta = 10 cm
Skala pada peta = 1 : 2.000.
a. Panjang sawah sebenarnya = 16 cm x 2.000 = 32.000 cm = 320 meter
b. Lebar sawah sebenarnya = 10 cm x 2.000 = 20.000 cm = 200 meter
c. Luas sawah sebenarnya = Panjang x lebar = 320 m x 200 m = 64.000 meter