Soal Matematika Kelas 3 SD Bab Pecahan Sederhana Dan Kunci Jawaban
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Satu buah semangka dibagi menjadi 3 bagian. Maka setiap bagian bernilai ….
a. 3⁄3
b. 3⁄1
c. 2⁄3
d. 1⁄3
2. Satu buah melon dibagi delapan bagian. Maka setiap bagian bernilai ….
a. 1⁄8
b. 8⁄8
c. 8⁄1
d. 0⁄8
3. Pecahan empat persembilan di tulis ….
a. 4 – 9
b. 4 x 9
c. 4⁄9
d. 9⁄4
4. Pecahan tiga perdelapan di tulis ….
a. 3 – 8
b. 3 x 8
c. 3⁄8
d. 8⁄3
5. Pecahan 2⁄15 dibaca ….
a. Dua bagi lima belas
b. Dua kali lima belas
c. Dua perlima belas
d. Atas dua bawah lima belas
Bagian yang berwarna putih menunjukkan pecahan ….
a. 3⁄7
b. 3⁄10
c. 10⁄3
d. 7⁄3
7.
Bagian yang diarsir menunjukkan pecahan ….
a. 4⁄5
b. 4⁄9
c. 5⁄4
d. 5⁄9
8.
Bagian yang diarsir menunjukkan pecahan ….
a. 3⁄8
b. 8⁄8
c. 8⁄3
d. 0⁄8
Bagian yang diarsir menunjukkan pecahan ….
a. 4⁄8
b. 8⁄4
c. 12⁄4
d. 4⁄12
10.
Bagian yang tidak diarsir menunjukkan pecahan ….
a. 3⁄6
b. 1⁄6
c. 5⁄1
d. 1⁄5
11. Pecahan 1⁄2 sering juga disebut ….
a. Sepertiga
b. seperempat
c. Setengah
d. Sebagian
12. 1⁄6 ….. 1⁄2. Tanda yang tepa untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
a. <
b. =
c. >
d. /
13. 4⁄8 ….. 1⁄8 . Tanda yang tepa untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
a. <
b. =
c. >
d. /
14. Urutan yang benar pecahan di bawah ini dari yang terkecil adalah ….
a. 1⁄2 , 1⁄3 , 1⁄4
b. 1⁄2 , 1⁄4 , 1⁄3
c. 1⁄4 , 1⁄2 , 1⁄3
d. 1⁄4 , 1⁄3 , 1⁄2
15. Ali mempunyai tali sepanjang 1⁄5 meter , Bayu sepanjang 1⁄2 meter , Budi sepanjang 1⁄2 meter, dan Rudi sepanjang 1⁄8 meter. Tali yang paling panjang adalah milik ….
a. Ali
b. Bayu
c. Budi
c. Rudi
16. Bila 1 dikurangi 1⁄3 hasilnya adalah ….
a. 2⁄3
b. 1⁄3
c. 3⁄3
d. 3⁄2
17. 5⁄6 – 1⁄6 = ….
Hasil dari operasi hitung pecahan di atas adalah ….
a. 1⁄6
b. 4⁄0
c. 4⁄6
d. 5⁄6
18. Bu Rina baru saja membelah semangka miliknya menjadi 10 bagian. Ada dua bagian yang dimakan oleh anak bu rina. Sisa semangka Bu Rina tinggal ….
a. 2⁄10
b. 3⁄10
c. 1⁄10
d. 8⁄10
19. Rini mempunyai 1 kg tepung terigu. Rini telah menghabiskan tepungnya sebanyak 3⁄5 kg. Sisa tepung terigu Rini adalah ….
a. 1⁄5
b. 2⁄5
c. 3⁄5
d. 4⁄5
20. Sandi mempunyai tali karet sepanjang 1 meter. Ia telah menggunakan 1⁄4 tali karetnya untuk mengikat kardus sepanjang meter. Sisa tali Sandi adalah ….
a. 0⁄4
b. 1⁄4
c. 2⁄4
d. 3⁄4
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Pecahan enam persebelas di tulis ….
2. Pecahan 1⁄25 jika dibaca menjadi ….
3. 1⁄4 ….. 1⁄10. Tanda yang tepa untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
4. 3⁄8….. 7⁄8. Tanda yang tepa untuk mengisi titik-titik di samping adalah ….
5. 1 – 2⁄14 = …..
Hasil dari operasi hitung pecahan di atas adalah ….
6. 1 – = 5⁄20
Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….
7.
Gambar pecahan di atas bernilai ….
8.
Gambar pecahan di atas bernilai ….
9. 2⁄25 , 12⁄25 , 5⁄25 , 21⁄25
Urutan pecahan di atas dari yang terbesar adalah ….,,,
10. Santi mempunyai pita 1 meter. Ia telah memakai pitanya sepanjang 2⁄10 meter. Sisa pita yang dimiliki santi adalah ….
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Tulislah nama bilangan dari pecahan berikut ini !
a. 2⁄10
b. 12⁄100
c. 17⁄25
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Tulislah lambang pecahan berikut ini!
a. Dua perlima belas
b. Tujuh perdua puluh
c. seperempat
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Bu Aisyah mempunyai dua buah semangka. Setiap semangka dipotong menjadi 4 bagian. Bu Aisyah memberikan dua potong bagian kepada Andi. Dari total semua potongan semangka, maka berapakah semangka yang diterima Andi jika ditulis dalam bentuk pecahan?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Satu karung beras habis dalam waktu 14 hari. Jadi berapakah total beras yang dipakai dalam setiap hari jika ditulis dalam bentuk pecahan?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Pak Santoso memiliki 1 kuintal beras. Pak Santo menjual padinya sebesar 5⁄20 kuintal dan telah memakainya untuk kebutuhan makan sebanyak 3⁄10 kuintal. Berapakah sisa padi Pak Santoso?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA
KELAS 3 SD BAB 6 PECAHAN SEDERHANA
A. JAWABAN
1. d. 1⁄3
2. a. 1⁄8
3. c. 4⁄9
4. c.3⁄8
5. c. Dua perlima belas
6. b. 3⁄10
7. b. 4⁄9
8. a. 3⁄8
9. d. 4⁄12
10. b. 1⁄6
11. c. Setengah
12. a. <
13. c. >
14. d.,,
15. b. Bayu
16. a. 2⁄3
17. c. 4⁄6
18. d. 8⁄10
19. b. 2⁄5
20. d. 3⁄4
B. JAWABAN
1. 6⁄11
2. satu perdua puluh lima
3. >
4. <
5. 12⁄14
6. 15⁄20
7. 3⁄8
8. 2⁄10
9. 21⁄25 , 12⁄25 , 5⁄25 , 2⁄25
10. 1 – 2⁄10 = 10⁄10 – 2⁄10 = 8⁄10 meter
C. JAWABAN
1. Menulis nama bilangan dari pecahan :
a. 2⁄10= dua persepuluh
b. 12⁄100 = dua belas perseratus
c. 17⁄25 = dua belas perdua puluh lima
2. Menulis nama lambang pecahan :
a. Dua perlima belas = 2⁄15
b. Tujuh perdua puluh = 7⁄20
c. Seperempat = 1⁄4
3. Diketahui :
Jumlah semangka Bu Aisyah = 2 buah
Jumlah potongan setiap semangka = 4
Jumlah potongan semangka = 2 x 4 = 8 potongan
Jumlah potongan yang diterima Andi = 2 potongan
Jadi bentuk pecahan semangka yang diterima Andi = 2⁄8
4. Diketahui :
Jumlah beras = 1 karung
Lama waktu beras habis = 14 hari
Jadi perhari beras yang habis adalah 1⁄14 karung.
5. Diketahui :
Jumlah beras Pak Santoso = 1 kuintal
Beras yang dijual = 5⁄20 kuintal
Beras untuk kebutuhan makan kuintal
Sisa padi Pak Santoso = 1 kuintal – 5⁄20 kuintal – 3⁄20 kuintal = 2⁄20 kuintal