PENGERTIAN, FUNGSI, TUJUAN, ASAS, PRINSIP BK (BIMBINGAN DAN KONSELING)
Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip danKomponen Layanan BK (Bimbingan dan Konseling). Pengertian LayananBK (Bimbingan dan Konseling) adalah upaya sistematis, objektif, logis, berkelanjutan, dan terprogram oleh konselor atau guru Bimbingan dan Konseling untuk memfasilitasi siswa/konseli mencapai kemandirian sehingga mampu, memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan merealisasikan diri secara bertanggung jawab untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraanhidupnya.
Lalu apa yang dimaksud BK (Bimbingandan Konseling) ? Pengertian BK (Bimbingan dan Konseling) adalah upaya memandirikan dan memfasilitasi siswa dalam rangka tercapainya perkembangan yang utuh dan optimal. Guru BK (Bimbingan dan Konseling atau Konselor) adalah guru yang mempunyai tugas, tanggung jawab, wewenang,dan hak secara penuh dalam kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap sejumlahsiswa.
Jadi Layanan BK (bimbingan dan konseling) adalah kegiatan Guru BK (Bimbingan dan Konseling atau Konselor) dalam menyusun rencana pelayanan bimbingan dan konseling, melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling,mengevaluasi proses dan hasil pelayanan bimbingan dan konseling serta melakukan perbaikan tindak lanjut memanfaatkan hasil evaluasi.
Layanan bimbingan dan konseling dalam implementasi kurikulum 2013 dilaksanakan oleh konselor atau gurubimbingan dan konseling sesuai dengan tugas pokoknya dalam upaya membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional, dan khususnya membantu siswa/konseli mencapai perkembangan diri yang optimal, mandiri, sukses, sejahtera dan bahagia dalam kehidupannya. Untuk mencapaitujuan tersebut diperlukan kolaborasi dan sinergisitas kerja antara gurubimbingan dan konseling, guru matapelajaran, pimpinan sekolah/madrasah, stafadministrasi, orang tua, dan pihak lain yang dapat membantu kelancaran proses dan pengembangan peserta didik/konselisecara utuh dan optimal dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dankarir.
a. Fungsi dan Tujuan Layanan Bimbingan DanKonseling
1.Layanan Bimbingan dan Konseling berfungsi untuk :
a. Perluasan pemahaman diri dan lingkungan
b. Pendorong pertumbuhan dan perkembangan
c. Proses penyesuaian diri dengan lingkungan
d. Penyaluran pilihan pendidikan,pekerjaan dakarir
e. Solusi atas masalah
f. Perbaikan dan penyembuhan
g. Pemeliharaan kondisi pribadi dan situasi yangkondusif
h. Pengembangan potensi diri secara optimal
2.Tujuan Layanan Bimbingan dan Konseling
TujuanLayanan BK (Bimbingan dan Konseling) adalah Membantu konseli/siswa agar dapat mencapai perkembangan optimal dan kemandirian secara utuh dalam aspek pribadi,belajar,socialdan karir
b. Asas dan prinsip layanan bimbingan dankonseling
1.Asas layanan BK (bimbingan dan konseling)
· Kerahasiaan sesuai kode etik bimbingan dankonseling
· Kesukarelaan dalam mengikuti layanan yangdiperlukan
· Keterbukaan dalam memberikan dan menerimainformasi
· Keaktifan dalam penyelesaian masalah
· Kemandirian dalam pengambilan keputusan
· Kekinian dalam penyelesaian masalah padakehidupan konseli
· Kedinamisan dalam memandang konseli
· Keterpaduan kerja antarpemangku kepentinganpendidikan
· Keharmonisan layanan dengan visi dan misisekolah serta nilai dan norma kehidupan yang berlaku
· Kehadiran dalam pelayanan yang sesuai kaidahakademik dan professional
· Alih tangan kasus untuk layanan di luarkeahlian dan kewenangan
· Tut wuri handayani dalam memfasilitasi setiappeserta didik
2. Prinsip Layanan BK (Bimbingan Dan Konseling)
· Pelayanan bimbingan dan konseling untuk semuasiswa dan tidak diskriminatif
· Bimbingan sebagai proses pelayanan individukarena setiap peserta didik memiliki keunikan masing-masing
· Bimbingan konseling memberikan bantuan untuk membangun pandangan positif pada diri dan lingkungan
· Bimbingan dan konseling berlangsung dalamkonteks kehidupan
· Bimbingan dan konseling dalam bingkai budayaIndonesia
· Bimbingan dan konseling bersifat fleksibel,adaptif, dan berkelanjutan
· Pelayanan bimbingan dan konseling ditanganitenaga professional
· Pelayanan bimbingan dan konselingberlandaskan program yang berbasis hasil analisis kebutuhan siswa sesuai denganperkembangannya
· Bimbingan dan konseling dievaluasi secaraberkala untuk sebagai dasar perbaikan proses layanan dan untuk mengukur hasilyang dicapai.
c. Komponen dan Program Layanan BK (Bimbingan danKonseling )
KomponenLayanan BK (Bimbingan dan Konseling) adalah
a. Program Layanan
b. Bidang Layanan
c. Struktur dan bidang Layanan
d. Format layanan
e. Kegiatan dan Alokasi waktu
ProgramLayanan dalam kelas maupun di luar kelas yang dirumuskan dalam bentuk programtahunan dan program semester meliputi kegiatan:
a. Layanan dasar (guidance curriculum) merupakanlayanan penyiapan pengalaman terstruktur dan sistematis agar dapat menyesuaikandiri dengan tugas tugas perkembangan secara alamiah dan normal
b. Layanan peminatan perencanaan individual agarpeserta didik belajar sesuai dengan minatnya dan mengikuti proses sistematikuntuk merencanakan masa depannya.
c.Layanan responsif, merupakan pemberi bantuan dalam menghadapi masalah dalam prosesperkembangannya.
Nb.
Download dan Baca MateriPelatihan Kurikulum 2013 Khusus Guru BK(Bimbingan dan Konseling) ----disini---
Download dan Baca MateriPelatihan Kurikulum 2013 Khusus Guru BK(Bimbingan dan Konseling) ----disini---
Download dan Baca Juga! Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) BK (Bimbingan dan Konseling) ----disini----
Demikian penjelasansingkat tentang Pengertian, Fungsi, Tujuan, Asas, Prinsip dan Komponen Layanan BK (Bimbingandan Konseling). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.