Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENDAFTARAN SELEKSI BEST PRACTICE GURU TAHUN 2020 UNTUK GURU SD/MI, GURU PPKN DAN IPS SMP/MTS SMA/MA SMK/MAK

  Pendaftaran Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020 Untuk Guru SD/MI, Guru PPKN dan  IPS  SMP/MTS  SMA/MA SMK/MAK

Pendaftaran SeleksiBest Practice Guru Tahun 2020 Untuk Guru SD/MI, Guru PPKN dan  IPS  SMP/MTS  SMA/MA SMK/MAK. Pusat Pengembangan danPemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PendidikanKewarganegaraan danIlmu Pengetahuan Sosial (P4TK PKn dan IPS) menyelengarakan Seleksi Best PracticeGuru Tahun 2020 yang diperuntukan bagi guru kelas  jenjang SD/MI  atau  Guru mapel  PPKn dan  IPS yang  berada  pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK/MAK.

Informasi lomba ini tertuang dalam PengumumanP4TK PKn dan IPS Nomor: 1320/B6.12.12/GT/2020 tentang Pendaftaran Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020. Dalam pengumumantersebut dinyatakan bahwa Dalam rangka mendorong aktualisasi nilai-nilaiPancasila, PPPPTK PKn dan IPS meyelenggarakan kegiatan Pancasila Goes  to Mall.  Terdapat  beberapa kegiatan  yang  akan dilaksanakan,  salah  satunya adalah kegiatan Kuis Guru dan Siswa Berkarakter.  Dalam kegiatan kuis tersebut terdapat 3(tiga) tahapan kegiatan, yaitu: (1) Tahap penyisihan (melibatkan guru); (2)Tahap semifinal (melibatkan guru dan siswa); (3) Tahap Grand Final (melibatkanguru dan siswa). Pada  tahap  penyisihan, kami  membuka  kesempatan kepada  Bapak  dan Ibu  guru  untuk mengikuti  tahap penyisihan  dengan kegiatan  Penulisan Best  Practice Guru Tahun  2020  yang bertujuan  untuk  menyeleksi calon  peserta Pancasila Goes  to Mall dan  mengapresiasi  praktik terbaik  (best  practice) guru  dalam mengembangkan karakter peserta didik.Pendaftaran calon peserta dibuka mulai tanggal 6 s.d. 13 Juni 2020.

Tema kegiatan  ini adalah“Membumikan  Nilai-Nilai  Pancasila Melalui  Praktik  Terbaik Guru  Sebagai Inspirasi DalamMenghadapi Masa Normal Baru” dengan beberapa subtema sebagai berikut:
1.  Praktik Terbaik Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Di Kelas
2.  Praktik Terbaik Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
3.  Praktik Terbaik Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah
4.  Praktik Terbaik Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pancasila Melalui Kemitraan Dengan Keluarga, Masyarakat, dan InstansiPemerintah atau Swasta

A. Ketentuan Umum
1.  Kegiatan ini terbuka bagi Guru dari seluruhIndonesia.
2.  Pendaftar adalah  Guru  kelas jenjang  SD/MI  atau Guru  mapel  PPKn dan IPS  yang  berada pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK/MAK. 
3.  Pendaftar wajib memiliki NUPTK.
4.  Pendaftar bertempat tinggal di wilayah NKRI.

B. KETENTUAN KHUSUS
1.  Pendaftar wajib memilih salah satu subtema dibawah ini:
a.  Praktik TerbaikGuru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Pembelajarandi Kelas
Subtema  ini  mendeskripsikan  upaya-upaya kreatif  yang  telah dilakukan  guru  dalam pembelajaran  PPKn atau  IPS  atau tematik  SD  dengan mengintegrasikan  nilai-nilai  Pancasila yang dapat menginspirasi guru-gurulain untuk melakukan kegiatan sejenis.
 b.  Praktik Terbaik Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Subtema  ini  mendeskripsikan  upaya-upaya kreatif  yang  telah dilakukan  guru  dalam menumbuhkembangkan karakter mulia padadiri peserta didik dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatanekstrakurikuler di sekolah.

c.  Praktik TerbaikGuru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui BudayaSekolah
Subtema  ini  mendeskripsikan  upaya-upaya kreatif  yang  telah dilakukan  guru  dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila padapeserta didik melalui pembiasaan perilaku positif, tradisi positif,  dan unsur-unsur  budaya  sekolah lainnya  di  lingkungan sekolah  selain  kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatanekstrakurikuler.

d.  Praktik TerbaikGuru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kemitraandengan Keluarga dan/Masyarakat Subtema ini  mendeskripsikan  upaya-upaya kreatif  yang  telah dilakukan  guru  dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila padapeserta didik melalui kegiatan yang melibatkan pihak-pihak lain yang menjadimitra sekolah seperti keluarga, masyarakat, instansi pemerintah atau swasta,dan sejenisnya. 
2.  Pendaftar wajib mengisi biodata danmengirimkan 1 (satu) naskah Best Practice dengan format KTI.
3.  Pendaftaran, pengiriman  naskah Best  Practice beserta Surat  Pernyataan Keaslian  Karya dibuka mulaitanggal 6 s.d. 13 Juni 2020 melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/qt858i dan dapat juga dikirim melalui alamatemail: bangprofptkpknips@gmail.com
4.  Naskah Best Practice dikirim dalam bentukfile dengan format PDF.
5.  File naskah Best Practice wajib diberi namadengan ketentuan sebagai berikut: Nama_Pengirim_Asal_Sekolah_Kab/Kota_Prov_PGMKTIContoh: Adi_Nugroho_SD_Blimbing_1_Kota Malang_Jawa Timur_PGMKTI
6.  Naskah Best Practice merupakan  asli  hasil karya  sendiri,  bukan karya  orang  lain, belum  pernah memperoleh predikatjuara I, II, atau II pada lomba lain sejenis, tidak sedang diikutkan pada lombaKTI/ Best Practice lain, dan belum pernah dipublikasikan.
7.  Naskah Best Practice harus memenuhisistematika penulisan yang ditetapkan panitia.
8.  Sistematika dan Template penulisan naskahBest Practice (terlampir)
9.  Hasil seleksi naskah Best Practice akandiumumkan pada tanggal 18 Juni 2020 pukul 10.00 WIB melalui lamanhttps://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/informasi/pengumuman 
10. Para  peserta yang  lolos  akan memperoleh  sertifikat  penghargaan dan diberi  kesempatan  untuk  mendiseminasikanBest  Practice mereka  melalui webinar.  Webinar  direncanakan diadakan  pada tanggal 22 s.d. 24Juni 2020.
11. Hal-hal  teknis tentang  ketentuan  lomba dapat ditanyakan  ke narahubung:  Prayogo Kusumaryoko (081237132044) danNurrollich El Kasfy (08567393756). 
12. Anggaran kegiatanini dibebankan pada DIPA PPPPTK PKn dan IPS Tahun 2020.


Contoh SistematikaPenulisan Naskah Kti

SISTEMATIKA PENULISAN NASKAH KTI

Naskah BestPractice wajib mengikuti sistematika berikut ini:
1.  Bagian Awal naskah Best Practice
Bagian Awal naskah Best Practice terdiri dari:
a.  Halaman judul
b.  Halamanpernyataan keaslian karya bermaterai
c.  Halamanpersetujuan atasan langsung
d.  Kata pengantar
e.  Abstrak atauringkasan
f.  Daftar isi
g.  Daftar tabel
h.  Daftar gambar
i.  Daftar lampiran

2.  Bagian Isi
Bagian Isi naskah Best Practice terdiri dari:
a.  Pendahuluan: berisi latar belakang, rumusanmasalah, tujuan, dan manfaat.
b.  Metode pemecahan  masalah:  berisi teori  atau  pengalaman yang  dijadikan  rujukan dalam menyelesaikan  masalah  dan metode  atau  langkah-langkah  rinci yang  digunakan  untuk menyelesaikan masalah.
c.  Pelaksanaan dan  hasil  yang dicapai:  berisi  hasil pelaksanaan  (didukung  data dan  informasi)  dan pembahasan.
3.  Bagian Akhir
Bagian Akhir naskah Best Practice terdiri dari:
a.  Simpulan
b.  Rekomendasi
4.  Daftar Pustaka dan Lampiran
Penulisan Daftar Pustaka menggunakan format APA 6th atau7th.
5.  Jumlah halaman naskah lomba berkisar antara23-40 halaman, tidak termasuk lampiran.
6.  Proporsi jumlah halaman naskah lomba adalah:bagian awal (5-10 halaman), bagian isi (15-25 halaman), dan bagian akhir (3-5halaman)
7.  Naskah lomba diketik rapi di atas kertasberukuran A4 dengan spasi 1,5 dan huruf Arial 12.
8.  Batas tepi/margin adalah kiri 3 cm, kanan 2,5cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm.
9.  Ukuran tabel dan gambar disesuaikan dengankebutuhan.


Contoh SistematikaNaskah Lomba KTI

TEMPLATE SISTEMATIKA NASKAH LOMBA KTI

HALAMAN JUDUL
HALAMANPERNYATAAN KEASLIAN KARYA BERMATERAI
HALAMANPERSETUJUAN ATASAN LANGSUNG
KATA PENGANTAR
ABSTRAK ATAURINGKASAN
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar belakang
B.  Rumusan masalah
C.  Tujuan 
D.  Manfaat
BAB II METODEPEMECAHAN MASALAH
A.  Teori atau Pengalaman yang Dijadikan Rujukandalam Menyelesaikan Masalah
B.  Metode atau Langkah yang Digunakan untukMenyelesaikan Masalah
BAB IIIPELAKSANAAN DAN HASIL YANG DICAPAI
A.  Hasil Pelaksanaan (didukung data)
B.  Pembahasan
BAB IV SIMPULANDAN REKOMENDASI
A.  Simpulan
B.  Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


Contoh LembaranBiodata
BIODATA PENDAFTAR
Jenjang
SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK
(*coret yang tidak perlu)


Nama Lengkapdengan Gelar  :  
NIP  :  
NUPTK  :  
Tempat danTanggal Lahir  :  
JenisKelamin  :  
Nama Sekolah  :  
Kabupaten/Kota  :  
Provinsi  :  
AlamatSekolah  :  
Nomor TelponSekolah  :  
EmailSekolah  :  
Alamat Rumah  :  
NomorHP/Whatsapp  :  
EmailPribadi  :  
NPWP  :  
Judul Naskah BestPractice  :


Contoh Surat PernyataanKeaslian Karya


PERNYATAAN KEASLIAN KARYA

Yang bertandatangan di bawah ini,

Nama Lengkap  :     
NUPTK  :  
Jabatan   :  
Asal Sekolah  :   
Judul BestPractice  :  
 
menyatakan bahwanaskah best practice yang disusun seluruhnya asli hasil kerja sendiri, bukanplagiat, dan belum pernah dinilai pada lomba sejenis. 

Pernyataan  ini saya  buat  dengan sebenar-benarnya.  Apabila  di kemudian  hari  terbukti tidak  benar,  saya bersedia menerima sanksi yang ditetapkan panitia lomba.

…………., ……… Juni 2020 
Mengetahui
Atasanlangsung,               Yang membuatpernyataan, 
Materai 6000


…………………………         ………………………………..   
NIP/NIGY                               NIP/NIGY


Demikianinformasi tentang Pendaftaran SeleksiBest Practice Guru Tahun 2020 Untuk Guru SD/MI, Guru PPKN dan  IPS  SMP/MTS  SMA/MA SMK/MAK. Semoga ada manfaatnya,terima kasih.



= Baca Juga =