Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUKU SAKU ASESMEN DIAGNOSIS KOGNITIF BERKALA DAN MODUL ASESMEN DI AWAL PEMBELAJARAN

  Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala dan Modul Asesmen di Awal Pembelajaran

Unduh (Download) Buku Saku Asesmen Diagnosis KognitifBerkala dan Unduh Modul Asesmen di Awal Pembelajaran. Mau mengoptimalkan hasil pelajaran di saat PandemiCovid-19 ? Coba sekolah Bapak/Ibulakukan asesmen awal atau dengan melakukan  Asesmen Diagnosis KognitifBerkala. Bagaimana caramelakukannya/ silahkan baca Buku Saku Asesmen Diagnosis KognitifBerkala serta beberapa ModulAsesmen Awal Pembelajaran.

Untuk membantu sekolah serta bapak/ibu guru, Pusat Asesmen danPembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan KementerianPendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkanBuku Saku Asesmen DiagnosisKognitif Berkala dan BebrapaModulAsesmen diAwal Pembelajaran. Buku saku tersebut disusun untuk memberikan inspirasi,wawasan, dan pedoman bagi Bapak dan Ibu guru dalam melakukan persiapan,pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut yang tepat pada proses asesmendiagnosis. Kami berharap buku ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip“teaching at the right level’ (pembelajaran sesuai dengan tingkat) khususnyapada masa pandemik.

Sebagaimana diketahui, Pandemi Covid-19 pada beberapa bulanterakhir berdampak pada banyak sektor kehidupan, tak terkecuali sektorpendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus secara luas disatuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesiamengambil kebijakan penyelenggaraan Belajar di Rumah (BDR). Kebijakan serupajuga diterapkan di lebih di 180 negara dunia. Kebijakan BDR diyakini dapatberdampak pada perkembangan kognitif dan nonkognitif siswa yang selanjutnyadapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.

Di Indonesia, beragamnyakondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19menyebabkan pelaksanaan BDR dan capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karenaitu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR perludilakukan. Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan nonkognitif perlu dilakukanagar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmenmemberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakuan atau strategi yangtepat kepada masing-masing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukansebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak adasiswa yang tertinggal atau dirugikan.

Pusat Asesmen danPembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan KementerianPendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yangtelah berkontribusi dalam penyiapan dan penyusunan buku saku ini. Semoga bukusaku dapat bermanfaat terutama bagi kelanjutan dunia pendidikan di Indonesiapada masa pandemi Covid-19 ini dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.




Berikut ini Link Unduh (Download) Buku Saku Asesmen Diagnosis KognitifBerkala dan Unduh modul asesmen di awal pembelajaran
Download Buku Saku Asesmen Diagnosis KognitifBerkala (disini)


Demikian informasi tentang Unduh (Download) Buku Saku Asesmen Diagnosis KognitifBerkala dan Unduh Modul Asesmen di Awal Pembelajaran. Semoga ada manfaat. Selamat bekerja sekalipun masih menghadapi pandemi Covid-19. Tetap Semangat. 




= Baca Juga =